Program Grade Nilai Huruf Perkuliahan C++

Kembali lagi bersama admin dari blog ini, kali ini saya akan memberikan sedikit ilmu tentang cara membuat program grade nilai huruf perkuliahan C++.

Oke akan saya jelaskan alur programnya, yaitu user disuruh menginput 4 nilai yaitu nilai tugas, nilai partisipasi, nilai UTS dan nilai UAS. Kemudian program akan memproses hasil semua nilai yang telah diinput dan akan menampilkan grade huruf apa dari hasil perhitungan seluruh nilai yang diinputkan tadi. Jadi sangat mudah sekali alur dari program tersebut dan disini saya menggunakan software codeblock.

So dibawah ini adalah source codenya :
#include <stdio.h>
#include <conio.h>

int main()
{
    float tugas,partisipasi,uts,uas,score;

    printf("Perhitungan Grade\n");
    printf("masukkan nilai tugas:");
    scanf("%f",&tugas);
    printf("masukkan nilai partisipasi:");
    scanf("%f",&partisipasi);
    printf("masukkan nilai uts:");
    scanf("%f",&uts);
    printf("masukkan nilai uas:");
    scanf("%f",&uas);
    score=(tugas*30/100)+(partisipasi*20/100)+(uts*20/100)+(uas*30/100);

    if (score>=90)
        printf("Grade= A");
    else if (score>=80)
        printf("Grade= B");
    else if (score>=70)
        printf("Grade= C");
    else if (score>=60)
        printf("Grade= D");
    else
        printf("Grade= F");
 
getch();
return 0;
}

Dan hasilnya seperti dibawah :


Oke itu sedikit ilmu yang dapat saya berikan disini saya juga masih belajar dan apabila ada kesalahan mohon dimaafkan terima kasih. Jangan lupa kunjungi blog ini terus ,muantap.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment