Mengubah Network Interfaces Ubuntu 16.04 LTS

Berjumpa lagi dengan saya admin dari bayu-12.blogspot.com. Setelah saya mensharing cara konfigurasi ip di Ubuntu 16.04 yang masih menggunakan nama jaringan “enp6s0”. Kali ini saya akan menunjukkan cara bagaimana mengubah nama jaringan Ubuntu 16.04 yang mulanya “enp6s0” menjadi “eth0”. Setelah melakukan suatu perkembangan akhirnya Linux Ubuntu merilis versi terbaru yaitu Ubuntu 16.04 LTS (Xenial Xerus), dengan berbagai fitur yang sangat waoww didalamnya. Sayapun langsung mendownload dan menginstal Ubuntu 16.04 dualboot dengan windows 8. Setelah instalasi selesai saya ingin mengkonfigurasikan ip static dan ternyata nma jaringannya menggunakan “enp6s0” bukan “eth0”, setelah bertanya-tanya di mbah google akhirnya saya menemukan bagaimana mengubah nama jaringan yang mulanya “enp6s0” menjadi “eth0”.

Langsung ke TKP saja pertama kita lihat dulu nama jaringan pada Ubuntu kita dengan mengetikkan perintah “ifconfig”, dan akan muncul seperti gambar dibawah:

“disitu terlihat kalau nama jaringannya masih “enp6s0”

Ada 2 cara yg dapat mengubah nama jaringan menjadi “eth0”, tetapi di Ubuntu saya tidak bisa berubah nama jaringannya jika menggunakan langkah 1. Dan saya menggunakan kedua cara tersebut. Wkwkwkw :D bukannya serakah demi keberhasilan, heheheh :D. Oke lagnsung saja

Step 1.
Edit “/etc/default/grup” dengan mengetikkan perintah “sudo nano /etc/default/grub”. Seperti gambar dibawah :

Hasil nya seperti gambar di bawah, kemudian cari kata “ GRUB_CMDLINE_LINUX=”” ”, seperti yang sudah saya beri tanda merah dibawah. Dan tambahkan kata “net.ifnames=0 biosdevname=0”, dibawah atau dibelakang kata “ GRUB_CMDLINE_LINUX=”” ”.
Menjadi
Kemudian tekan ctrl+X dan ketik Y untuk menyimpan hasil konfigurasi tadi.

Kemudian ketik perintah “sudo update-grub”.

Setelah update-grub selesai yang terakhir ketikan perintah “sudo reboot”,

Setelah reboot selesai untuk mengecek berhasil atau tidaknya ketik perintah “ifconfig” untuk melihat nama jaringan ubuntu kita sudah berubah atau belum. Kalau ubuntu saya menggunakan cara ini belum berhasil atau tidak berubah. Santai saya kalau punya anda juga tidak/belum berubah ada cara kedua, Langsung saja

Step 2.

Edit “/etc/udev/rules.d/70-persistent-net.rules” dengan mengetikkan perintah “sudo gedit /etc/udev/rules.d/70-persistent-net.rules”.

Kemudian akan masuk ke menu edit/gedit tapi tidak ada isinya apa-apa dan berilah tambahan kata-kata seperti gambar dibawah. Jika sudah tekan tombol ctrl+S untuk menyimpan dan tutup menu gedit.

Setelah itu kita langsung melakukan konfigurasi ip static di ubuntu kita denga mengetikkan perintah “sudo nano /etc/network/interfaces”.

Kemudian ubah nama jaringan yang mulanya “enp6s0” menjadi “eth0” seperti gambar dibawah. Jika sudah tekan ctrl+X dan Y untuk menyimpan hasil konfigurasi.
Menjadi



Jika semua konfigurasi sudah selesai kemudian kita reboot ubuntu kita dengan mengetikan perintah “sudo reboot”.

Setelah  reboot sudah selesai, kita cek apakah nama jaringan Ubuntu kita sudah berubah atau belum dengan mengetikkan perintah “ifcongfig”
Dan hasilnya waow.. berhasil yang mulanya “enp6s0” berubah menjadi “eth0” seperti gambar diatas.

Sekian yang dapat saya sampaikan dalam tutorial ini jika ada kesalahan mohon di maafkan dan jika ada kelebihan mohon di kembalikan, wkwkwk :D. Sering-sering mampir ke blog saya ya.. ?? 
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
13 August 2019 at 19:48 ×

siplah min
solder infrared

Congrats bro Shikamaru Nara you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment